Tantangan Melatih Kemandirian di Hari Ketiga

friendship-831522_640

Hwa… hari ini sangat hectic mulai dari pukul 3 dini hari harus membantu suami persiapan tugas keluar kota hingga shubuh menjelang.  Sesaat saya lupa dengan tugas kemandirian Raisa untuk bangun sendiri terlebih lagi alarm juga ikut ngadat tidak berdering. Saya membangunkan Raisa karena iqomah dari masjid sudah terdengar. Gadis kecil itu, menggeliat melepaskan pelukannya dari guling kesukaannya.  Matanya mengerjap mencoba menghalau kantuk.  Dengan langkah gontai dia ke belakang untuk mengambil wudhu dan beranjak ke masjid.  Saya sangat bersyukur Raisa tidak pernah rewel saat dibangunkan untuk mengerjakan sholat shubuh walau saya tahu dia masih mengantuk.  Semoga dengan kesabaran dan kedisiplinan kami, suatu saat Raisa akan mampu  bangun sendiri secara mandiri di kala shubuh.

Lalu apa kabar dengan kemandirian Raisa membereskan tempat tidur? Hari ini sedikit mengalami kemunduran.  Raisa enggan membereskan tempat tidurnya.  Saya sudah berusaha mengingatkannya untuk merapikan kamarnya.  Namun, Raisa menolak dengan alasan capek.  “Kita kerjakan bareng-bareng, yuk,” ajak saya.  Tapi tetap saja dia bersikukuh tidak mau merapikan tempat tidur.  Hm… baiklah mungkin harus jeda sesaat.

Ibarat berjalan di jalan raya, bukankah sesaat kita harus berhenti jika lampu lalu lintas berwarna merah.  Tak perlu mengeluh dan harus berkecil hati, jika mendadak si kecil mogok dengan latihan kemandiriannya.  Saya harus tetap rileks dan optimis.  Semoga esok hari lebih baik lagi.  Ya… Semoga,  tetap semangat.

 

#level2

#day3

#tantangan10 hari

#MelatihKemandirian

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

