Aku Bisa Bangun Pagi

Semilir angin berhembus lembut di senja yang hangat.  Setelah mandi, saya dan Raisa duduk di teras berteman buku “pejuang shubuh” dan segelas susu cokelat.  Entah sudah berapa kali, buku tersebut kami baca bersama.  Nyatanya, Raisa tak pernah bosan. Ceritanya sederhana, sangat dekat dengan jiwa anak-anak dan bahasanya mudah dipahami.  Pesan moral yang ingin disampaikan juga mudah diterima.  Raisa sangat termotivasi sehingga dia selalu ingin sholat shubuh tepat waktu.

“Bun, bener ya, sholat shubuh disaksikan langsung oleh malaikat?” Hm… pertanyaan seperti ini bakal jadi awal obrolan seru bagi kami berdua.  “Ya, benar banget anak pintar.  Bukan cuma itu, di waktu shubuh Allah menurunkan Rahmat-Nya.”Raisa manggut-manggut.  “Nah, anak shalihah bisa kan bangun sendiri kali denger adzan shubuh,” pinta saya.

“Sebenarnya, aku tuh udah bangun shubuh.  Tapi tidur lagi karena pengen dibangunin, Bunda,” ujar Raisa sambil tersenyum malu.  Gubrak… jadi selama ini cuma pura-pura, tho pikir saya. Wah… ada yang salah nih, harus ada yang dikoreksi.  Otak saya berputar cepat.

Malam hari setelah Raisa tidur, saya ngobrol dengan pak suami.  Sebenarnya putri kami bisa kok bangun shubuh tapi dia sengaja menunggu dibangunkan.  Pak suami cuma mesem, “ya kalo terus-menerus dibangunkan akhirnya anak jadi jagain.” 

Masuk akal juga sih ucapan pak suami.  Saya jadi berpikir ulang, apa sih tujuan saya melatih Raisa bangun shubuh, agar dia bisa bangun sendiri atau terbiasa bangun sendiri.  Menurut pengakuan Raisa sudah bisa bangun ketika adzan shubuh namun karena terbiasa dibangunkan, akhirnya Raisa ‘jagakno’ Bunda.  Maka kini saatnya emak tega.  Saya ingin mencoba esok hari tidak membangunkan Raisa kala shubuh.  Yach… kita tunggu cerita esok, ya. (Bersambung…)

#level2

#day6

#tantangan10 hari

#MelatihKemandirian

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

