Aku Bisa Bangun Sendiri 2

Hembusan angin dingin menyelusup melalui jendela, saya merasakan kesejukan kala fajar menyapa.  Seperti biasa, bakda sholat shubuh saya lanjutkan dengan tilawah Al-Quran.  Saat itulah Raisa tergeragap bangun dari tidurnya yang lelap,  “Sudah shubuh, ya Bun?” Raisa mengucek matanya.  Saya hanya mengangguk.  seketika wajah Raisa berubah menunjukkan rasa tidak suka, “Kok, Bunda nggak bangunin aku sholat shubuh?” protesnya keras.

Saya duduk di samping Raisa, “Bukannya kemarin Raisa sendiri yang bilang kalau sudah bisa bangun sendiri?”  Saya balik bertanya.  Gadis kecilku hanya terdiam, bibirnya terlipat manyun, tampaknya dia masih kesal.  “Kalau Raisa sudah bisa bangun, maka Bunda nggak perlu bangunin lagi.  Itu tandanya Raisa sudah semakin pintar dan nggak perlu pertolongan dari Bunda atau Ayah,” jelas saya panjang lebar.

Selepas Raisa sholat shubuh, saya menceritakan sebuah kisah tentang seorang anak yang selalu mendapat pertolongan dari kedua orang tuanya.  Suatu ketika, sang anak mengikuti persami (perkemahan sabtu dan minggu).  Anak tersebut selalu bangun kesiangan dan tidak bisa melayani keperluannya sendiri.  tugas-tugas yang diberikan pembina yang tidak dapat dikerjakan dengan baik.  Akhirnya dia merasa kurang percaya diri.

Alhamdulillah, setelah mendengar kisah sang anak yang tidak mandiri, Raisa memiiki motivasi untuk bangun sendiri di waktu shubuh.  “Bunda nggak usah bangunin aku lagi,” ucapnya ceria.  Hari minggu menjadi saksi jika Raisa menunjukkan komitmennya untuk bangun sendiri seperti janjinya kemarin.

#Level2

#Day8

#melatihkemandirian

#KelasBundaSayangIIP

 

 

Leave a Reply

